ISTIMEWA: ciri-ciri proses sosial dan jenis-jenisnya

Sunday 9 November 2014

ciri-ciri proses sosial dan jenis-jenisnya

CIRI-CIRI PROSES SOSIAL
1.      Dalam proses social yang mengalami pemerosesan ialah nilai-nilai social. Sejumlahh proses social dasariah disebut kooperasi, asimilasi, konflik, oposisi, dan persaingan.
2.      Proses social mengandunng unsur  dinnamika, artinyadidalam proses tersebut terdapatberbagai keadaan nilai social yang sedang diproses, mulai dari nilai yang belum sempurna sampai situasi yang lebih mantap atau sebaliknya.
3.      Proses social mengikuti pola tingkah laku tersendiri, orang yang terlibat dalam proses social (misalnya bersaing) tidak mengikuti pola sopan santun yang dituntut kedudukan dan peranan.
4.      Interaksi yang disebut proses social tidak menegnal waktu dan tempat teretentu.
5.      Fenomena proses social berada dibawah control social yang ketat.
6.      Fenomena proses social bersifat universal, dapat terjadi dimana-mana, dan merupakan bagian dari kebudayaan manusia.

JENIS-JENIS PROSES SOSIAL
Pada umunya pada ahli sosiologi mengklasifikasikan bentuk pokok proses social menjadi dua, yaitu:
1.      Proses social yang bersifat menggabungkan. Proses social yang mengarah kepada penggabungan ditunjukkan demi terwujudnya nilai-nilai yang disebut kebajikan-kebajikan social seperti keadilan social, cinta kasih, kerukunan, solidaritas. Proses social ini meliputi kerjasama penyesuaian diri, dan asimilasi. Prosses social ini bertujuan mencapai keuntungan yang layak dimiliki, terutama untuk diri mereka sehingga dapat dikatakankegiatan yang mereka lakukan itu adalah suatu  cetusan dari kepentingan diri.
2.      Proses social yang bersifat menceraikan. Proses social ini menorah kepada terciptanya nilai-nilai negative yang juga meliputi : persaingan, penghalangan dan bentrokan. Jika konflik sudah diselesaikan melalui proses perdamaian, umunya mereka melangkah ke pembentukan proses asosiatif.





No comments:

Post a Comment