ISTIMEWA: BENTUK-BENTUK PROSES SOSIAL YANG MENYATUKAN (ASOSIATIF)

Thursday 6 November 2014

BENTUK-BENTUK PROSES SOSIAL YANG MENYATUKAN (ASOSIATIF)



BENTUK-BENTUK PROSES SOSIAL YANG MENYATUKAN (ASOSIATIF)
      1. Akomodasi (penyesuaian diri)
Menurut Etimologi istilah akomodasi berasal dari kata latin (accommodace) yang artinya menyesuaikan (diri). Dari kata itu debentuk kata benda (accommodatio) yang diterjemahkan ke bahsa Indonesia menjadi “ akomodasi” yang berarti “penyesuaian diri”. Akomodasi dapat didefenisikaan sebagai suatu bentuk proses social yang didalamnya dua atau lebih individu atau kelompok berusaha untuk tidak saling mengganggu dengan cara mencegah, mengurangi, atau menghentikan ketegangan yang akan timbul atau yang sudah ada.
Ciri-ciri akomodasi :
·         Akomodasi melibatkan setidaknya dua orang atau kelompok yang hidup dalam situasi tegang, yang menghalangi mereka saling bertemu dan mengadakan relasi apalagi kerjasama. Untuk memasuki proses akomodasi, kedua belah pihak bersedia memberi dan menerima, artinya masing-masing mau mengadakan perubahan dalam pola bersikap dan bertingkah laku satu dengan yang lain dengan menghapus, minimal mengurangi tuntutan-tuntutan yang mereka pertahankan.

       2. Asimilasi
Asimilasi berasal dari kata latin assimilare yang artinya “menjadi sama”.dari kata ini diturunkan kata assimilation  yang di Indonesiakan menjadi asimilasi, berarti “pembaruan”. Asimilasi dalam pengertian sosiologi adalah sebagai suatu bentuk proses social dimana dua atau lebih individu atau kelompok saling menerima pola kelakuan masing-masing sehingga akhirnya menjadi  satu kelompok baru yang terpadu.
Faktor-faktor penghambat asimilasi :
·         Unsur ras dan warna kulit yang jauh berbeda antara suku yang satu dengan yang lain.
·         Faktor psikologi.
·         Ikatan social yang ketat.
·         Perbedaan agama dan kepercayaan.
Faktor-faktor penunjang asimilasi :
·         Perkawinan campur
·         Pendidikan generasi muda non pribumi
·         Peningkatan prestasi kultural
·         Perlakuan hokum yang sama.
   

daftar pustaka

Sembiring,Dermawan. Dkk . ilmu social dan budaya dasar. Medan : Unimed Press

No comments:

Post a Comment