ISTIMEWA: Kebutuhan Remaja Dalam Perkembanganya

Wednesday 1 October 2014

Kebutuhan Remaja Dalam Perkembanganya

Kebutuhan Remaja Dalam Perkembanganya

                Kekhasan dalam perkembangan fase remaja dibandingkan dengan fase perkembangan lainya membawa konsekuensi pada kebutuhan yang khas pula pada mereka. Menurut Garrison (Andi Mapiarre, 1981) setidaknya ada tujuh kebutuhan khas remaja yaitu :
11.  Kebutuhan akan kasih sayang, terlihat adanya sejak masa yang lebih muda dan menunjukan           berbagai cara perwujudan selama masa remaja.
22.  Kebutuhan akan keikutsertaan dan diterima dalam kelompok merupakan hal yang sangat penting  sejak remaja “melepaskan diri” dari keterikatan keluarga dan berusaha memantapkan hubungan-hubungan dengan teman lawan jenis.
33.  Kebutuhan untuk berdiri sendiri yang dimulai sejak usia lebih muda (remaja awal), menjadi sangat penting selama masa remaja ; manakala remaja dituntut untuk membuat berbagai pilihan dan mengambil keputusan.
44.  Kebutuhan untuk berprestasi menjadi sangat penting dan pasti seirama dengan pertumbuhannya secara individual mengarah pada kematangan atau kedewasaan.
55.  Kebutuhan akan pengakuan orang lain sangat penting, sejak mereka bergantung dalam hubungan teman sebaya dan penerimaan teman sebaya.
66.  Kebutuhan untuk dihargai dirasakanya berdasarkan pandangan atau ukuranya sendiri yang menurutnya pantas bagi dirinya (sesuai dengan kenyataan), dan menjadi bertambah penting seirama dengan pertambahan kematangan .
77.  Kebutuhan memperoleh falsafah hidup yang utuh terutama Nampak dengan bertambahnya kematangan (kedewasaan). Untuk mendapatkan ketepatan dan kepastian, remaja memerlukan beberapa petunjuk yang akan memberikanya dasar dan ukuran dalam membuat  keputusan-keputusan. Falsafah hiduplah yang berperan untuk itu.

Perlu dicatat bahwa kebutuhan-kebutuhan tersebut diatas tidak berlaku bagi seluruh remaja, karena kebutuhan khususnya terdiri dari berbagai tingkat intensitas. Intensitas masing-masing kebutuhan dibatasi oleh berbagai faktor, antara lain : faktor individual , faktor social, kultural dan faktor religious. 

No comments:

Post a Comment