ISTIMEWA: komponen - komponen motor derek

Monday, 26 May 2014

komponen - komponen motor derek

KOMPONEN KOMPONEN ALAT PENGANGKAT
           
            Mungkin banyak alat pengankat yang kita kenal dan salah satunya adalah motor Derek,disini kita akan mempelajari komponen-kommponen alat pengangkat dan khususnya kran. Dimana komponen – komponenalat pengangkat terdiri dari:
11.      Rantai

Rantai penyawat terdiri dari 2 jenis yaitu:
a.       Rantai Skalm
Rantai skalm terbuat dari bahan baja bulat panjang(silindris). Kemudian dibentuk skalm demi skalm(link = mata rantai) kemudian dihubungkan satu sama lain (lingkage) dan trakhir dilas seperti gambar berikut.
Ukuran utama dari rantai skalm dapat dibaca sebagai berikut:
·         Panjang bagian dalam (pitch)   = t mm
·         Lebar bagian luar                     = B mm
·         Diameter batang rantai             = d mm
Rantai skalm tidak menguntungkan bagi beban berat (heavy weight) , hal yang bersifat mudah terpengaruh terhadap sentakan-sentakan dan beban melebihi, kesalahan yang sekonyong-konyong, keausan yang intensif dari rantai pada sambungan dan kecepatan pergerakan yang tidak aman ; kecuali untuk fleksibelitas dalam semua arah , kemungkinan pemakaian puli dan drum dengan diameter yang kecil dan konstruksinya yang sederhana.
Keausan yang hebat mengurangi kekuatan rantai terjadi pada bagian- bagian bengkok sebelah dalam dari mata rantai keausan tergantung pada faktor-faktor berikut ini :
Ø  Perbandingan antara pitch rantai dengan puli atau drum.
Ø  Perbandingan antara tegangan dan kecepatan dari rantai.
Ø  Sudut putar relative dari mata rantai sewaktu melewati puli.
Ø  Lingkungan dan sebagainya


b.      Rantai engsel
Rantai engsel terdiri dari bilah - bilah plat yang dihubungkan satu sama lain dengan pena. Plat dapat diperkuat dengan pin (pena) dengan jalan melantak ujung pena seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Untuk rantai yang digunakan untuk pengangkatan beban berat maka ujung pena yang dikeling harus dipasang ring(washer).

22.      Sarang Rantai dan Roda Gigi Rantai

Untuk dudukan rantai skalm maka pada cakra (sheave) diacukan bentuk yang dinamakan sarang rantai. Begitu pula dengan dudukan rantai engsel dibuat berbentuk roda gigi yang dinamakan sprocket.
a.       Sarang rantai (pocket sheave)
Diameter dari cakra rantai:
Ø  Dengan pergerakan tangan D > 20 d
Ø  Dengan pergerakan mesin D > 30 d

d = diameter bar
efficiensi dari puli η = 0,95
Sheave biasanya dipasang bebas pada as-nya ;  jadi pada kecepatan rendah poros puli tidak direncanakan pakai bos kuninan.
           
b.      Cakra rantai (sproket)
Sprocket dipakai sebagai roda rantai penggerak pesawat pengankat dan winch yang digerakkan dengan tangan dengan kapasitas 10 ton. Tergantung kepada rancangan mekanisme pengangkat maka sprocket dipasang pada sebuah poros atau dibuat jadi satu dengan poros atau terpasang bebas pada sebuah poros yang terpasang mati seperti gambar berikut.
     
33.      Tali
Ada 2 jenis tali yang dikenal pada saat ini, yaitu:
Ø  Tali nonmetal (tali rami atau manila helep)
Tali rami maupun tali plastic mempunyai sifat mekanik yang buruk , artinya mudah lecet(aus), kekuatan tidak memadai ,mudah rusak karena benda tajam dan lan-lain.
Tergantung kepada mode produksinya dan jumlah strand untuk tiap tali, mak tali dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
*      Plain lad , tali dengan pintalan biasa , gambar a
*      Cable laid , tali dengan pintalan kabel, gambar b

Ø  Tali baja yang terbuat dari serat-serat baja 

1 comment: